• Breaking News

    Selasa, 29 Maret 2016

    K-2013 : GURU STRESS

    *Kurikulum 2013 Membuat Stress Guru*
    Kurikulum ialah suatu pedoman untuk melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. setiap guru yang akan melaksanakan pembelajaran di kelas diwajibkan mempersiapkan dirinya untuk melaksanakan pembelajaran sebaik mungkin. mulai dari merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran hingga penilaian yang semuanya di kaji dari kurikulum yang berlaku.


    Semenjak indonesia merdeka sudah berulang kali kurikulum telah berganti mulai dari kurikulum 1954 hingga dengan kurikulum 2013 sehingga ada yang berpendapat ganti menteri ganti kurikulum. kurikulum 2013 pada ketika sekarang sangat hangat–hangatnya diperbincangkan oleh para guru dan para pelaksana dan penanggung jawab bidang kependidikan.

    Lembaga yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan juga sibuk mensosialisasikan kurikulum 2013 ini mulai dari tingkat kota hingga ketingkat desa. Hal ini menyebabkan para guru terlihat demam terhadap kurikulum 2013.

    Perubahan sistem dan pendekatan pembelajaran pada kurikulum 2013 merupakan pemahaman baru bagi setiap tenaga pendidik . Pembelajaran tematik dan terintegratif dari kelas satu hingga kelas enam pada kurikulum 2013 membuat para guru merasa berat untuk melaksanakan pembelajaran dikelas.

    Walaupun ada yang beranggapan bahwa pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 mengurangi beban para peserta didik membuat administrasi pembelajaran tetapi didalam sistem penilaian pembelajaran, guru di sibukkan dengan penilai tiga ranah yaitu penilai sikap,penilai psikomotor dan penilaian kognitifnya semua nilai tersebut didokumentasikan pada portofolio anak didiknya. Dalam hal ini para pendidik harus bekerja lembur setelah jam pulang peserta didik untuk menyelesaikan tugas tersebut karena bila tidak diselesaikan pada hari itu maka besok akan bertambah lagi dengan penilaian berikutnya.

    Pemahaman guru yang belum memadai untuk menerapkan kurikulum 2013 sangatlah mengkhawatirkan bagi guru, ditambah lagi beban tugas mulai dari menyiapkan alat peraga, media pembelajaran serta memadukan materi pelajaran yang semua ini sudah cukup beralasan bila penerapan kurikulum 2013 menjadikan guru semakin strees dengan tugas-tugasnya.

    Selain itu di tambah lagi dengan adanya tekanan dari pejabat yang berwenang dalam pendidikan, bila ada sekolah atau guru tidak melaksanakan kurikulum 2013 tunjangan profesinya terancam di cabut. Itulah segelintir isu yang berkembang di kalangan guru, dengan jiwa keguruannya akan selalu patuh dan konsisten terhadap segala kebijakan atasanya.

    Sumber: SekolahDasar.net

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar