• Breaking News

    Selasa, 17 Mei 2016

    Tolong bagikan!!! Ternyata inilah beberapa pertanda awal seseorang mengalami gagal ginjal

    Gejala Awal Gagal Ginjal
    Gejala Awal Gagal Ginjal│Mengenali gejala awal gagal ginjal merupakan hal paling penting yang harus dilakukan setiap orang agar terhindari berbagai babagai masalah pada ginjal sehingga dapat segera mungkin untuk di lakukan pencegahan. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dari sisa atau limbah metabolisme. Jadi, jika ginjal gagal melakukan hal tersebut, maka pada kondisi ini seseorang akan divonis sebagai gagal ginjal.

    Lalu, apa yang menjadi penyebabnya? Seseorang mengalami gagal ginjal umumnya disebakan oleh diabetes yang tidak terkontrol, penyakit prostat, batu ginjal dan lainnya. Untuk itu, supaya terhindar gagal ginjal; berikut adalah gelaja awal yang perlu anda waspadai.

    Sakit pinggang
    Gejala yang pertama adalah sakit pinggang. Sudah menjadi rahasia umum jika sakit pinggang merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita gagal ginjal. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab gagal ginjal adanya batu ginjal. Jika tidak segera ditangani, batu ginjal tersebut akan terjerat dan terjebak di dalam ureter. Dan hal ini akan menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada daerah pinggang.

    Sesak napas
    tidak hanya penderita jantng dan paru-paru saja yang mengalami gejala sesak napas, seseorang yang mengalami gagal ginjal, biasanya juga akan mengalami hal ini. Ginjal yang sudah tidak berfungsi menyebabkan cairan di dalam tubuh menutup saluran paru-paru. Sehingga hal ini menyebabkan penderita mengalami sesak napas. Tak hanya itu aja, gagal ginjal juga menyebabkan seseorang mengalami anemia. Kurangnya kadar oksigen yang di bawa oleh sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen serta mengakibatkan sesak napas.

    Terjadi pembengkakan tubuh
    Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan tubuh. Hal ini terjadi karena cairan yang semestinya dikeluarkan, tertimbun di dalam tubuh karena terganggunya organ sekresi. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan bagian tubuh tertentu seperti pergelangan kaki, kaki, tangan serta wajah mengalami pembengkakan.

    Berkurangnya jumlah urine
    Meskipun ada pula seseorang penderita gagal ginjal mengalami nokturia (sering buang air kecil malam hari), namun beberapa kasus seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis biasanya akan mengalami penurunan kadar urine. Bahkan ada pula yang tidak produksi urine sama sekali. Gagal ginjal pada tahap awal biasanya urine akan berbusa karena banyak mengandung protein.

    Selain itu hipertensi, mual, muntah, ruam dan gatal pada kulit, tidak nafsu makan, berat badan turun, mudah lelah dan letih juga merupakan gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai.


    Sumber: disehat.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar