• Breaking News

    Sabtu, 23 Juli 2016

    Pakar: Matahari `Mendingin` pada 2019, `inilah kemungkinan Yang Akan Melanda Bumi



    Pakar:-Matahari-Mendingin-pada-2019
    Ilustrasi. [Foto: klikkabar.com]
     
    Pakar: Matahari `Mendingin` pada 2019, `inilah kemungkinan Yang Akan Melanda Bumi│Paul Dorian, seorang pakar cuaca dari Vencore Weather, menjelaskan bahwa aktivitas matahari mulai mengalami penurunan sejak abad terakhir ini dan akan terus mengalami penurunan dari keadaan biasanya. Menurut Dorian, untuk kedua kalinya dalam bulan ini matahari terlihat benar-benar kosong.

    Pada awalnya, kekosongan ini hanya terjadi dalam beberapa hari, namun itu terus berlangsung hingga berminggu-minggu, dan kini menjadi berbulan-bulan ketika siklus Sunspot melampaui titik terendah.

    Dorian berpendapat keadaan matahari yang terlihat benar-benar kosong ini  menunjukkan bahwa bumi mendekati siklus solar minimum. Ini berpengaruh terhadap jumlah sunspot, solar flares atau lidah api. geomaknetik yang akan terus mengalami penurunan hingga beberapa tahun yang akan datang.

    Selama siklus solar minimum itu berlangsung, Bumi memasuki fase yang dikenal dengan istilah Maunder Minimum, yaitu zaman es mini seperti yang pernah terjadi pada tahun 1645.
    Dalam masa Maunder Minimum ini, temperatur merosot begitu tajam hingga Sungai Thames membeku. Ungkap Dorian.

    Menurut Dorian "Siklus solar minimum ini kemungkinan akan mulai berlangsung sekitar tahun 2019 atau 2020,".

    Selain Dorian, Profesor Valentina Zharkova dari Northumbria University juga memperkirakan bahwa aktivitas matahari akan mengalami penurunan yang tajam antara tahun 2020 dan tahun 2050.

    "Saya benar-benar percaya diri dalam penelitian kami. Penelitian didasarkan pada perhitungan yang tepat dan data yang bisa diandalkan," ungkap Prof. Zharkova ketika mengemukakan teorinya pada tahun lalu.

    Prof. Zharkova mengungkapkan bahwa hasil penelitannya dapat di ulang oleh penelti lain dengan data sama yang tersedia di banyak tempat observatorium surya. Dengan demikian mereka dapat memperoleh bukti mereka sendiri bahwa bumi akan memasuki fase Munder Minimum.

    Bila kabar ini menjadi nyata, masyarakat Eropa benar-benar akan mengalami suatu keadaan yang sangat mengerikan. Keadaan ini menunjukkan zaman es mini akan berulang di bumi yang di mulai di benua Eropa. Lalu bagaimana dengan wilayah bumi pada bagian yang lain? Pastinya juga akan ikut merasakan dampak dari peristiwa alam ini. semoga ini bukan tanda awal akan berakhir aktivitas matahari.

    Sumber: dream.co.id

    Baca Juga:

    = = = =
    *silakan dishare! semoga menjadi ilmu yang bermanfaat^V^.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar