• Breaking News

    Rabu, 10 Agustus 2016

    Inilah Tanda-tanda Karakater Kaum Munafik dan Bahayanya Bagi Kehidupan Umat



    Inilah Tanda-tanda Karakater Kaum Munafik dan Bahayanya Bagi Kehidupan Umat
    Ilustrasi. [Foto:muslim.or.id] 
    Inilah Tanda-tanda Karakater Kaum Munafik dan Bahayanya Bagi Kehidupan UmatIslam menerangkan dengan jelas karakter dari orang-orang munafik. ini terlihat dari Firman Allah SWT. dalam QS. At-Taubah: 75-78) berikut:

    “Dan diantara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah: “Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang sholeh. Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebahagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran). Maka Allah menimbulkan kemunafikan pada hati mereka sampai kepada waktu mereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri terhadap Allah apa yang telah mereka ikrarkan kepada-Nya dan juga karena mereka selalu berdusta. Tidaklah mereka tahu bahwasanya Allah mengetahui rahasia dan bisikan mereka, dan bahwasanya Allah amat mengetahui segala yang ghaib.” (QS. At-Taubah: 75-78)

    Dari ayat di atas, jelas bahwa di antara karakter dari orang-orang munafik adalah ia berjanji, ketika Allah melimpahkan karunia dengan berbagai kenikmatan dunia berupa harta kekayaan, maka harta itu akan di sedekahkan dan ia akan menjadi orang yang taat kepada Allah SWT. namun ia mengingkarinya atas segala yang telah ia janjikan itu.

    Atas karakter orang munafik ini, Allah SWT. membalasnya dengan melekatkan kemunafikan dalam dalam setiap hati mereka sampai ketika hari pertemuan mereka dengan Allah SWT pada hari kiamat.

    Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW. Menerangkan tentang tanda-tanda  orang munafik yaitu sebagai berikut:
    “Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga: jika berbicara ia dusta, jika berjanji ia ingkar, dan jika diberi kepercayaan ia berkhianat.”

     Selain Allah SWT Juga berfirman yang artinya, “Tidakkah mereka tahu bahwasanya Allah mengetahui rahasia dan bisikan mereka.”
     
    Melalui ayat ini Allah SWT menerangkan tentang segala rahasia yang disembunyikan oleh orang-orang munafik dalam setiap hati mereka. Namun Allah SWT mengetahui setiap bisikan dalam hati mereka, meskipun mulut mereka telah mengikrarkan akan bersedekah jika Allah SWT. menganugerahkan mereka harta dan akan mensyukurinya dengan selalu patuh dan taat akan segala perintah dan  larangan Allah SWT.

    Sesungguhnya Allah SWT Maha mengetahui atas segala rahasia dan bisikan, Allah SWT Maha mengetahui atas segala yang Ghaib dan nyata dan Allah SWT mengetahui atas segala yang Zhahir dan atas segala yang bathin. Semoga Allah SWT menjauhkan setiap kita dan keluarga kita dari segala kemunafikan.

    Sumber: Kitab Shahih Tafsir Ibnu Katsir jilid 4, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir/ Syahida.com







    Baca Juga:


    = = = =
    *Silakan di share! semoga menjadi ilmu yang bermanfat^V^

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar