• Breaking News

    Kamis, 23 Juni 2016

    Penjelasan Ilmiah Ayam dapat Melihat Malaikat

    Penjelasan Ilmiah Ayam dapat Melihat Malaikat
    Ilustrasi.[foto:www.suararakyatindonesia.org]

    Penjelasan Ilmiah Ayam dapat Melihat MalaikatAyam adalah salah satu jenis unggas yang pepupler dengan daging dan telurnya. Dalam setiap penjamuan makanan seperti acara pesta atau syukuran daging ayam dan telur selalu menjadi menu hidangan favorit yang disejajarkan dengan berbagai menu hidangan lainnya. Namun ternyata selain di kenal sebagai penghasil daging dan telur, ayam memiliki keistimewaan pada bidang penglihatannya. Sehingga Rasulullah SAW. Memiliki pandangan tersendiri terhadap jenis unggas ini. Menurut Rasulullah SAW. ayam adalah salah satu hewan yang dapat mengetahui kedatangan malaikat. Rasulullah SAW. Bersabda:

    “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena Ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, HR Bukhari dan Muslim).

    Sejak Rasululullah bersabda hingga pergantian zaman, kebenaran akan sabda Rasulullah SAW. Di yakini oleh umat islam sebagai bentuk keteguhan iman akan segala kebenaran utusan Allah SWT.  yang telah mendapat pengetahuan langsung dari Allah SWT. namun seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, para ilmuan dan pemikir islam berhasil membuktikan secara ilmiah keitimewaan ayam seperti disabdakan oleh Rasulullah SAW ini.

    Berdasarkan hasil studi dalam jurnal Public Library of Science ONE tahun 2010 berhasil diungkapkan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan manusia, sehingga ayam memungkinkan dapat untuk membedakan berbagai warna tambahan.

    Selain itu, ilmuan-ilmuan di Washington University di St Louis pimpinan Joseph Corbo mengungkapkan kemampuan ayam untuk melihat warna berasal dari sel cahaya-sensing khusus yang ditemukan di retina. Sel-sel ini dikenal dengan sebutan sel kerucut, datang dalam berbagai rasa, setiap sel ini masing-masing mampu mendeteksi panjang gelombang caha yang berbeda.

    Manusia hanya mempunyai 3 jenis kerucut yang memungkinkan manusia dapat melihat warna hijau,merah dan biru. Namun berbeda halnya dengan ayam yang memiliki kerucut ekstra hingga mampu melihat violet dan sinar ultraviolet. Selain itu kerucut ayam ini menyebar secara merata di seluruh retina sehingga menyebabkan ayam mampu melihat warna di seluruh bagian visual matanya

    "Berdasarkan analisis ini, Warna di retina ayam sangat melebihi yang terlihat di sebagian besar retina lain dan tentu saja bahwa dalam kebanyakan retina mamalia," kata penulis studi Dr. Joseph C. Corbo of Washington University School of Medicine di St Louis.

    Dengan demikian terbuktilah kebenaran sabda Rasulullah SAW. Yang menyatakan bahwa ayam memiliki kemampuan melihat malaikat. Pasalnya karena Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya yang artinya dari sinar ultraviolet. Seperti yang telah disabdakan oleh 
    Rasulullah SAW. Bahwa:

     “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam ... [HR Abu Daud (4700) dan At Tirmidzi (2155)

    Dengan demikian tahukah kita sekarang mengapa ayam berkokok jika fajar tiba. Hal ini bukan karena terbitnya matahari tetapi melainkan karena ayam-ayam ini melihat pancaran cahaya para malaikat Allah SWT. Yang sedang menebarkan rizki dari Allah SWT kepada makhluknya di atas permukaan bumi. oleh karena itu, jangan sekali-kali kita melewatkan kesempatan bangun pagi untuk shalat subuh dan bersegeralah kita berdoa meminta karunia kepada Allah SWT.


    Sumber : infoyunik.com /www.cahayatasbih.com

    Baca Juga:

    = = =

    *tolong dibagikan, semoga altikel ini bermanfaat bagi kita^V^!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar