• Breaking News

    Kamis, 16 Juni 2016

    Dialog Malaikat Maut dengan Calon Mayit

    Dialog Malaikat Maut dengan Calon Mayit
    Ilustrasi.[Foto:makassar.tribunnews.com]

    Dialog Malaikat Maut dengan Calon Mayit │Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al- Bukhari, bahwa malaikat maut sebelum mencabut nyawa seorang hamba berkenan untuk berdialog dengan hamba tersebut berhubungan dengan kebaikan yang pernah dilakukannya. Namun hamba ini hanya sedikit saja melakukan kebaikannya. Berhubungan dengan  hal ini, Hudzaifah berkata: aku pernah mendengar Rasulullah SAW. Bersabda:

     “Sesungguhnya dahulu ada seorang laki-laki yang hidup pada masa sebelum kalian. Ia didatangi oleh malaikat yang bertugas mencabut ruhnya. Lalu dikatakan kepada orang tersebut: “Apakah kamu telah mengerjakan kebaikan?” Lelaki itu menjawab: “Aku tidak tahu.” Dikatakan kepadanya lagi: “Lihatlah!” Lelaki itu menjawab: “Aku tidak mengetahui sesuatu apa pun. Hanya saja dahulu aku pernah mengadakan perjanjian dengan orang-orang dan aku memenuhi perjanjianku dengan mereka. Aku menjual barang secara kredit kepada orang-orang yang lapang ekonominya dan memberikan keringanan (penghapusan hutang) kepada orang-orang yang ekonominya sulit.” Lalu Allah memasukkan orang itu ke dalam surga…..

    Hadits ini merupakan penggalan hadits yang panjang. Bagian awal dari hadits ini bercerita masalah Dajjal. Redaksinya dalam bentuk penuturan Hudzaifah terhadap beberapa orang sahabatnya. Ini merupakan sebuah hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya “Kitabu Bad’ul Khalq".

    Sebagai hikmah yang dapat di ambil dari Hadits tersebut sesungguhnya adalah pengajaran kepada kita tentang keutamaan sifat kasih sayang Allah SWT. Allah SWT yang maha pengasih dan penyayang sangat menghargai hambanya yang mengamalkan nilai-nilai kasih sayang. Jadi walaupun bentuk kasih sayang yang dilakukannya sangat kecil namun dilakukannya dengan ikhlas, itu merupakan keutamaaan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Tuhan yang Maha Rahman dan Rahim dan Allah SWT. akan membalas segala kebaikan itu dengan nikmat Syurga .

    Sumber: Kitab Jejak Malaikat di Bumi, Karya: M. Hilal Tri Anwari, Penerbit: Pustaka Al Kautsar [Syahida.com/ANW]

    Baca Juga:

     = = =
    *tolong di Share! Semoga bermanfaat bagisesama^V^


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar